Mengenal Batu Safir ( Sapphire )

Safir merupakan batu permata yang sangat digemari untuk perhiasan. Mulai dari mata cincin, liontin, mata anting / giwang. Batu ini memiliki kekerasan mencapai 9 dalam skala mohs dann masuk dalam keluarga corundum seperti halnya Ruby. Secara kasat mata batu sapir ini cukup mudah untuk mengenalinya, dengan adanya inklusi dan fenomena yang terdapat pada permata ini.

Safir pada umumnya memiliki serat mirip sidik jari ( Finger print ) dan yang mirip rambut ( serat rambut ), namun banyak juga yang sulit diliat secara kasat mata dan memerlukan microscope, atau bantuan dari lab, karena seratnya yang halus. Ada kalanya safir yan memili ki star atau garis bias cahaya.

Safir sendiri berasal dari bahasa ibrani yaituSafir sendiri berasal dari bahasa ibrani yaitu  ( ספּיר sapir )  yang berarti bentuk kristal tunggal alumunium oksida ( Al2o3 ). Adapun mineral lain yaitu titanium, besi dan kromium yang memberi efek warna biru, merah muda, ungu, kuning, jingga, atau kehijauan terhadap blue safir.

Safir memiliki harga jual yang varitif tergantung pada warna, ukuran, bentuk potongan, kejelasan dan kualitas pada keseluruhan serta darimana asal batu safir ini. Mungkin seperti saat ini safir yang paling mahal harganya safir yang berasal dari Srilanka ( ceylon ) namun Madagaskar yang paling banyak memproduksi batu safir. Yang dikenal memiliki warnandan serat yang bagus. Safir dan Ruby sering ditemukan secara bersamaan dan ditempat yang sama, namun salah satunya biasanya lebih banyak.

Batu safir dapat diolah atau sering dsebut treatment yang bertujuan untuk memperjelas warna dan kejelasan pada batu safir tersebut. Yang biasa dilakukan dengan memanaskan dengan suhu 500 bahkan sampai 1800 ° C dalam beberapa jam. Dalam kondisi panas batu akan batu akan berubah warna menjadi lebih jelas. Untuk masalah harga batu yang mengalami proses alami tanpa treatment jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang sudah di treatment. Makanya sering para buyer meminta identifikasi atau sertifikasi dari Gemological laboratorium independen untuk mengetahui bahwa batu tersebut mengalami proses alami atau treatmen.

Negara penghasil safir yaitu : Australia, Thailand, Sri Lanka, Madagaskar, Afrika Timur, dan di Amerika Utara di beberapa lokasi, seperti di "Gem Mountain", dan di dalam atau di dekat Sungai Missouri di wilayah sekitar Helena, Montana.

0 Response to "Mengenal Batu Safir ( Sapphire )"

Post a Comment

Analytics