Membedakan Batu Permata/Akik Asli dan Palsu

Hanya contoh
Batu akik atau permata akan terlihat lebih indah apabila batu itu natural,alami atau asli, Namun seiring populernya batu permata atau akik maka banyk juga yang memanfaatkannya dengan membuat batu akik palsu / tiruan atau sintetic. Jika orang awam atau masih belajar kaya saya ini tentu sulit membedakan secara kasat mata. Karena batu tiruan itu dibuat sedemikian rupa sehingga mirip dengan aslinya, hampir gk ada perbedaan jika dilihat secara kasat mata.

Pengertian batu sintetic adalah duplikat dari batu natural karena memiliki komposisi yang hampir sama, kekerasannya pun juga mirip.  Batu Sintetic dibuat oleh manusia di laboratorium.

Disini kami akan coba memberikan tips sederhana dan mungkin udah sering digunakan untuk mengecek batu permata sejak lama. bahkan boleh dibilang cara ini cukup ampuh untuk membedakan batu akik asli atau palsu.
Berikut adalah cara-caranya :
  1. Melihat serat didalam batu dengan cara menerawang atau diberi cahaya dari setiap sudutnya. Setiap batu alam pasti memiliki serat alami karena itu merupakan salah satu ciri sedimen bentukan mineral buatan alam. Untuk jenis batu Chalcedony dan kristal.
  2. Menempelkan batu dipipi, apabila batu terasa dingin itu merupakan salah satu ciri bahwa batu itu asli atau alami. Kalau cepat menghangat itu sifat murni sebuah benda apabila kita pegang lama kelamaan akan hangat dikarenakan hantaran suhu badan.
  3. Dengan cara dibakar, apabila di sundut dengan api rokok atau dibakar dengan korek akan terasa panas tetapi akan cepat kembali dingin beda apabila batu palsu atau buatan akan lebih lama menyimpan panas. Apabila dibakar cukup lama tidak akan leleh atau meninggalkan bercak coklat atau titik meleleh pada batu. Batu asli apa bila disulut api pasti akan meninggalkan warna coklat namun akan hilang apabila digosok dan tidak menempel dibatu. Saran jangan diuji ke batu jenis OPAL karena opal kebanyakan nggak tahan panas, maka batu akan retak. Diutamakan jenis Chalcedony, kristal dan agate.
  4. Apabila batu permata adalah diamond atau intan gunakan alat Diamond detector. Sebagian penjual peralatan khusus bebatuan biasanya menyediakan.
  5. Dengan mengigit batu sekuat-kuatnya, apabila tidak terjadi perubahan seperti lecet, mengelupas, atau berubah bentuk dipaastikan bahawa batu itu asli. Khusus untuk batu mutiara aja. pasara
  6. Membedakan berat jenisnya, dengan seperti itu maka akan terlihat perbedaan antara batu asli dan palsu. Yang asli akan terasa lebih berat.
  7. Dengan cara baru yaitu dengan menggunakan gedget smartphone, caranya buka menu tampilan, letakkan batu diatas layar apabila batu itu bisa menggerakkan fitur maka batu itu asli. Sedangkan yang palsu nggak akan bisa.
  8. Untuk lebih yakin dan jelas dibawa ke laboratorium

Batu natural pun ada dua jenis yaitu untreatmen dan treatmen. Untuk yang paling banyak di treatmen biasanya jenis safir, topas. Cara treatmennya pun bermacam-macam seperti : Heat Treatment(Pemanasan), Irradiation(Radiasi), Diffusion(Pewarnaan), Berylilium Heat Treatment(Pemanasan menggunakan kimiawi beryllium), Coating(Pelapisan Permukaan), Glass Filling(Pengisian krack/serat dalam batu dengan kaca/resin), Dyed(Pencelupan minyak).

Berikut adalah beberapa jenis batu sintetic yang banyak muncul di pasaran :
  1. Blue Sapphire(Natural) dengan  King Sapphire(Sintetic)
  2. Ruby(Natural) dengan Merah Siam(Sintetic)
  3. Star Ruby/Sapphire(Natural) dengan American Star(Sintetic)
  4. Emerald/Zamrud(Natural) dengan Zamrud Chatam/Chatum(sintetic)

Mungkin hanya ini tips yang bisa saya sampaikan, maaf apabila ada salah. SALAM GEMSLOVER

0 Response to "Membedakan Batu Permata/Akik Asli dan Palsu"

Post a Comment

Analytics