Batu Spirtus atau Biru Langit Baturaja

Kota Baturaja, Sumatra Selatan adalah salah satu daerah penghasil batu mulia di Indonesia seperti salah satunya Batu Biru Langit atau Spirtus ( Blue Sky ). Batu spritus yang belakangan menjadi buruan warga hanya salah satunya saja, karena didaerah ini sebelumnya sudah banyak ditemukan jenis batu mulia seperti Sulaiman Pancawarna, Teratai sarang tawon, sangkis, tapak jala kristal, lavender ( kecubung ), dan mungkin banyak jenis yang lain yang ngak bisa disebutkan satu persatu.

Batu permata Baturaja ini termasuk dalam kategori Calcedony. Rata-rata batu jenis ini berwarna kuning cerah dan juga oranye. Tapi ada pula yang berwarna keunguan yang disebut Baturaja Lavender, atau kebiruan yang disebut Spirtus atau Biru Langit Baturaja. Coraknya polos dan cukup transparan, namun ada juga yang terlihat menyerupai motif tempurung kura-kura sehingga mempunyai keunikan tersendiri yang jarang dimiliki batu lainnya. Baturaja memang salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan batu permata unik dan diminati banyak orang, khususnya pengoleksi macam-macam perhiasan dari batu tersebut. Selain itu, tingkat kekerasannya yang cukup kuat antara 6,5 hingga 7 scala Mosh membuatnya semakin disukai para kolektor.

Batu Permata Baturaja khususnya Spirtus atau Biru Langit Baturaja merupakan salah satu batu permata yang diburu oleh para kolektor. Bahkan banyak kolektor dari luar Indonesia yang menggemari batu ini termasuk kolektor dari benua Eropa.

Batu Spirtus atau Biru langit ini  memang keindahannya sangat menawan dengan warna khas spirtus atau biru langit. Namun untuk mendapatkan batu berkualitas jenis ini tidaklah mudah, harus dilakukan penggalian hingga beberapa meter kedalam tanah. Untuk melakukan penggalianpun juga tidak mudah, para kolektor harus membeli lahan atau menyewanya untuk bisa melakukan penggalian, itupun belum tentu juga mendapatkan batu yang sesuai dengan yang diharapkan.

Pasaran Batu Biru langit atau Spirtus di dunia kian meningkat harganya. Dalam sebuah pelelangan sebuah batu Blue Sky dengan ukuran 30 mm x 20 mm x 15 mm dihargai 220 juta rupiah. Sebutan Biru langit / Spirtus / Blue sky ini adalah kualitas terbauk adapula yang kualitasnya dibawahnya sperti Biru Tinta, Biru Blau dan Lavender.

Batu Biru langit atau Spirtus ini sendiri ditemukan pada tahun 1975 oleh seorang pengrajin batu yang bernama Wak Jai  di Desa Simpang Empat, Kecamatan Lengkiti tepatnya di tepi Sungai Lengkiti,  Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).


Sumber : pusatbatu.com

0 Response to "Batu Spirtus atau Biru Langit Baturaja"

Post a Comment

Analytics