Batu Pancawarna


Batu Pancawarna : adalah batu akik yang memiliki lima warna dalam satu batu. Batuan jenis ini banyak ditemukan di daerah pulau jawa dengan beragam varian, batu pancawarna termasuk batuan yang memiliki nilai seni tinggi. Karena beragamnya jenis dan coraknya batu ini termasuk salah satu batu yang diburu para kolektor. Corak batu pancawarna kadang membentuk seperti lukisan, entah mirip binatang, manusia atau yang lain. Oleh karena itu batu ini sering disebut batu Gambar.


Batu pancawarna memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi dan ada yang kristal tembus apabila disenter. Batu pancawarna biasanya memiliki kekerasan 7-7,5 skala mohs. Batu yang cukup keras dan indah ini yang paling sering kita dengar adalah batu Pancawarna klawing dan Pancawarna Endong dari Garut.

Pancawarna Klawing : Batu pancawarna klawing memiliki warna dominan yaitu hijau. Jenis batuan kalsedon hijau ini jauh lebih mulia lagi ketimbang jasper karena polesannya yang sekualitas cermin dan bisa ditembus cahaya. Jika batu itu dipecah, akan tampak bercak-bercak seperti tetesan atau cipratan darah. Lebih ke dalam lagi, bercak-bercak itu menyatu bagai awan kumulus dengan corak memikat dan warna beragam, antara lain cokelat, kuning, merah, hijau, biru, dan putih. Dinamakan pancawaarna klawing karena batu ini berasal dari sungai klawing,  Desa Dagan, Bobotsario, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Masarakat setempat lebih mengenal dengan nama Nogo Sui.
  
Klawing/nogo sui
Pancawarna Garut atau sering disebut pancawarna Edong : Batu pancawarna yang berasal dari Garut ini adalah salah satu jenis batu pancawarna yang bisa mengkristal, tembus apabila disenter,  batu ini memiliki kombinasi warna kontras hitam karena unsur mangaan, biru, tembaga, hijau bening dari unsur nikel, merah dari unsur besi, putih dari silika, dan lain-lain.
Batu ini tergolong mahal karena corak keindahannya seolah-olah adalah lukisan abstrak pada batu. Di beri nama Pancawarna edong karena wujud penghargaan dari Aki Edong penemu batu Pancawarna ini.
Edong Garut

Mitos dan kegunaan batu pancawarna :
Sebagaimana arti dari panca warna itu sendiri yang diambil dari bahasa sansekerta yang artinya lima warna, meliputi lima unsur alam sehingga batu panca warna dipercaya mengandung energi alam dan daya magis yang sangat kuat yang mampu menyelimuti siapapun yang memakainya. Khasiat batu akik panca Warna sebagaimana batu akik lainnya yang merupakan benda alam ciptaan Allah SWT dipercaya mempunyai lima energi utama diantaranya :
  •     Kewibawaan, memancarkan aura kepemimpinan.
  •     Pengasihan dan daya pikat.
  •     Kekayaan (pelarisan),
  •     Keselamatan dan pagar gaib,
  •     Keharmonisan dan ketentraman dalam rumah tangga dan lingkungan.

0 Response to "Batu Pancawarna"

Post a Comment

Analytics