PERMATA DARI GARUT ( Chrysoprase Chalcedony )

 
Indonesia memang terkenal memiliki beragam kekayan alam, salah satunya adalah batu permata. Saat ini yang akan di bahas adalah batu permata dari Garut. Seperti namanya batu permata dari garut adalah batu perermata yang dihasilkan dari daerah Garut. Ada banyak batu permata yang dihasilkan dari Garut namun yang paling terkenal adalah batu Hijau Garut yang berasal dari kecamatan Bungbulang. Yang menjadi maskot batu permata ini adalah Batu Ohen hijau kristal, nama Ohen senditi diambil dari nama orang yang orang setempat menyebutnya Abah Ohen, beliau adalah pemilik lahan dimana batu ini di temukan untuk pertama kalinya.
Batu ini termasuk jenis keluarga kuarsa yang memiliki susunan mikrokrista ( microcrystaline ) atau dalam dunia gemology disebut dengan nama Chrysoprase Chalcedony. Harga Batu hijau garut cukup beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan sesuai kualitas batu, para kolektor dan pecinta batu permata banyak yang memburu batu jenis ini karena keindahannya, bahkan di daerah Bungbulang dan sebagian garut pun mulai berburu batu ini, maka tak heran jika di daerah tersebut banyak dijumpai pengrajin dan penjual batu ini.
Kekerasan batu jenis ini cukup tinggi yaitu antara 7 dalam skala mohs. Maka tidak heran lagi apabila batu ini termasuk salah satu batu permata yang diburu oleh para kolektor. Bahkan batu ini pernah menarik kolektor dari Taiwan dan Korea untuk datang lagsung ke Indonesia hanya untuk berburu dan mengkoleksi batu ini.
Memerluka waktu yang cukup lama untuk bisa menemukan batu jenis ini mengingat alat menambang yang masih tradisional, maka itulah batu ini menjadi mahal. Batu hijau garut ini juga hampir mirip dengan batu bacan dari Kasiruta yang sekarang begitu fenomenal. Yang membedakan hanyalah tata letak zat yang ada di kandungan dan pengaruh dari letak geologi. Karena hampir sama dengan batu bacan maka cukup sulit membedakan batu hijau garut dengan bacan.
Hasil survey yang dilakukan Tim IGS ( www.indonesiangemstone.com ) , Batu Ijo Garut dan Panca Warna Garut merupakan salah satu Batuan yang sangat diburu para Gemlovers serta para kolektor ditanah air. Termasuk salah satu batuan langka yang cukup sulit untuk didapatkan kualitas supernya dengan harga yang sangat variatif, tergantung bahan dari batu tersebut, ada yang menjualnya 5 jt per kilonya bahkan sampai puluhan juta rupiah untuk satu kilo bongkahan batu tersebut. Batu keluarga Chalcedony ini sangat identik dengan fossil kayu yang berwarna warni, ada yang berwarna hijau, merah, biru, kuning, lavender serat warna coklat dan yang paling diburu oleh Gemlovers adalah yang warna hijau, karena menurut para penggali batu. Intisari dari Batu Garut tersebut adalah yang berwarna hijau, sehingga terdapat perbedaan harga untuk batu yang berwarna hijau dengan batu warna lainnya. Sehingga anggapan sebagian orang, warna hijau adalah warna “Misteri”

0 Response to "PERMATA DARI GARUT ( Chrysoprase Chalcedony )"

Post a Comment

Analytics