KALIMAYA OPAL FROM BANTEN

KALIMAYA OPAL FROM BANTEN



Batu kalimaya asli berasal dari Indonesia yaitu di daerah Serang, Banten, Jawa Barat. Jenis batu ini sering dijumpai di daerah Rangkas Bitung dan Lebak Banten . Batu ini termasuk jenis opal yang  mempunyai nilai keras 5.5-6.5 berdasarkan scala Mohs, batu ini menempati di urutan ke delapan yang di cari oleh para kolektor. Komposisi batu jenis ini pun cukup sederhana yaitu kiezelzuur, air dan bermacam-macam logam yang menyebabkan batu opal memantulkan beraneka ragam warna. Dari segala macam variasi warna, batu opal yang berwarna merah dan hitam adalah yang paling langka sedangkan yang berwarna putih dan hijau adalah yang paling umum. Batu opal yang mempunyai dasar warna hitam lebih berharga dan paling banyak di cari orang daripada yang putih. Meskipun demikian Kalimaya opal tetaplah permata dari Indonesia yang indah. Tapi dari semua itu batu opal Kalimaya yang memantulkan beraneka ragam warna adalah yang paling tinggi nilainya. Mengingat komposisi dari batu opal itu adalah air (3-10% bahkan ada yang sampai 20%) maka sebaiknya berhati-hati saat menyimpan atau merawatnya jangan biarkan batu ini menjadi terlalu kering karena akan mudah retak, juga jangan terbentur terlalu keras. Oleh karena itu batu jenis ini membutuhkan perawatan khusus mengingat batu ini mudah retak apbila dalam keadaan kering. Batu opal Kalimaya ini juga merupakan salah satu batu permata yang disukai oleh banyak orang. Batu opal juga banyak disukai oleh para kolektor dan pemburu batu permata karena keindahannya yang dapat menciptakan berbagai warna yang kontras. Batu opal Kalimaya juga memiliki nilai jual yang cukup beragam tergantung dari kualitas batu, kembangnya.

Permainan dan penampakan warna pada permata opal Kalimaya disebabkan oleh butiran-butiran halus silica yang tersusun sangat rapi dan berfungsi membelokkan cahaya serta memancarkannya, sehingga menyebabkan warna-warna pelangi atau sering disebut kembang ( Jarong ) bermunculan saat dilihat dari sudut berbeda. Dari peristiwa itulah opal kalimaya banyak diburu oleh para pencinta batu permata.
Berikut beberapa jenis opal Kalimaya yang dikenal masyarakat umum seperti:
** Kalimaya Susu  : Batu ini pada umumnya berwarna  putih seperti susu

** Kalimaya Teh : Batu Kalimaya ini umumnya berwarna seperti teh, ragamnya pun berbeda ada yanng seperti teh bening dan teh kental
** Kalimaya Kristal : Batu Kalimaya ini warnanya kristal bening ada juga yang berwarna seperti air kelapa itu sering disebut Kalimaya kristal air kelapa

** Kalimaya Hitam ( Black Opal ) : Batu Kalimaya jenis ini berwarna hitam pekat tapi ada juga yang berwarna abu-abu atau sering disebut juga Black opal badan abu.


 ** Kalimaya Sempur : Batu ini mirip seperti kalimaya Black Opal hanya saja jenis ini terbentuk dari fosil kayu.



Batu Kalimaya opal begitu mempesona dengan kembang atau yang sering disebut jarong, karena itulah batu jenis ini laris manis di pasaran bahkan belum lama ini batu jenis ini mampu menembus pasaran di Eropa, Australian dan beberapa daerah di luar Indonesia.
Tambang Kalimaya

NB : Mohon maaf apabila ada kesalahan karena minimnya pengeta huan dan kurangnya wawasan saya dan terima kasih yang udah like, membaca artikel ini. SALAM GEMSLOVER.

1 Response to "KALIMAYA OPAL FROM BANTEN"

  1. Bro...... itu koleksi sendiri apa bukan ya.... kalau koleksi sendiri saya mau. (njalok tapi....)

    ReplyDelete

Analytics