Batu Permata Sungai Dare atau Lumuik Sungai Dare

Sumatra Barat selain terkenal dengan masakan khasnya yang sangat beragam dan populer ada sisi lain yang tidak kalah populernya, yaitu Batu Akik Sungai Dare. Seperti namanya batu akik ini berasal dari Sungai Dare yang disebut sebagai cikal bakal dari batu ini. Batu yang memiliki beragam nama sebutan ini memiliki ciri khas warna hijau. Pertama kalinya ditemukan batu Sungai Dare ini pada tahun 1970-an.

Pada tahun 70-an batu ini dikenal dengan sebutan Giok Kandi karena pertama kali ditemukan di Sunga Kandi dan Bukit Puti Bungsu Solok Selatan, Sumatra. Namun batu yang ditemukan di Daerah Sungai Dare diyakini oleh masyarakat setempat sebagai cikal bakal dari batu yang ditemukan di daerah Sungai Kandi yang terbawa arus sungai. Batu Sungai Dare ini memiliki beragam jenis seperti jenis Sungai Dare Pucuk Pisang, Kumbang Jati, Totol Sayur dll. Yang membedakan dari jenis batu tersebut adalah corak warnanya. Seperti Sungai Dare Pucuk pisang misalnya, batu ini memiliki ciri berwarna hijau kekuningan mirip seperti pucuk pisang dan kadang memiliki corak hijau yang sedikit tua di dalam batu. Begtu juga jenis Kumbang Jati yang memiliki warna hijau sedikit lebih tua.

Namun pada tahun 70-an batu ini belum digemari oleh masyarakat luas. Setelah ada kabar bahwa Presiden Amerika Serikat Barak Obama mengenakan batu ini dijari manisnya, maka dengan sekejap batu ini menjadi terkenal dan memiliki nilai jual yang luar biasa. Dan para kolektorpun banyak yang memburu batu ini. Di pameran yang di slenggarakan di Grand Mall Cakung menjadi contoh, penjualan Batu Sungai Dare mencapai nilai 2 M. Dikorea batu jenis lumut ini disebut dengan nama Jade. Sedangkan di Indonesia sendiri batu ini memiliki nama sebutan yang bermacam-macam, seperti Batu Akik Sungai Dare, Lumut Sungai Dare, dan Lumuik Sungai Dare yang pada dasarnya batu tersebut sejenis.

Batu hijau cantik ini memiliki kekerasan 7 skala mohs. Dengan kekerasan tersebut Sungai Dare cukup kumplit dan patut di jajarkan dengan batu permata lainnya di kelasnya. Dipasaran saat ini batu ini masih cukup di gemari bahkan untuk ukuran diata 10mm keatas dan batu sudah kristal atau hijau bening dibandrol dengan harga 1jt.

Tidak hanya keindahan dan kecantikannya saja batu ini menjadi terkenal melainkan juga khasiat dari batu ini. Yang pada jaman dahulu masyarakat sekitar memilikikeyakinan bahwa batu ini memiliki berbagai khasiat seperti :
  • Dipercaya dapat meningkatkan keselarasan dengan alam disekitar.
  • Dapat menjaga keseimbangan emosional seseorang.
  • Dapat memberikan sugesti sehingga stamina menjadi lebih kuat dan bersemangat.
  • Dipercaya dapat melindungi diri dari bahaya ( namun hanya Alloh lah yang dapat memberikan perlindungan ).
  • Warna hijaunya dipercaya dapat memper kuat daya kerja jantung, syaraf atau fisik secara umum.
  • Karena batu Sungai Dare di anggap setara dengan giok atau Jade maka batu ini dipercaya pula dapat menghilangkan stress, relaxasi, menyelaraskan pikiran, bijaksana dan menghambat energi negatif dalam tubuh.
Nahhh,,,dari khasiat diatas semuanya kita kembalikan kepada sang pencipta, bagaimanapun juga batu permata adalah salah satu bagian kecil ciptaan Tuhan yang indah dan cantik. Batu permata pula hanyalah hiasan semata.

0 Response to "Batu Permata Sungai Dare atau Lumuik Sungai Dare"

Post a Comment

Analytics